Template by:
Free Blog Templates

cara mengembalikan tampilan grub yang hilang



Postingan saya kali ini adalah cara mengembalikan tampilan grub yang hilang.trus terang saya dulu pernah mengalami hal seperti ini. Tapi setelah saya konsultasi sama temen-temen akhirnya saya bisa memperbaiki tampilan grub saya tinggal kalian ikuti lanngkah-langkah saya ini:

  1. pertama sediakan dulu live cd/live USB linuxnya
  2. truz ngetray dulu gih di laptop or netbooknya pake live CD/live USB tadi dan masuk ke terminal “Ctrl+Alt+T
  3. setelah itu liat letak partisi (sda) linux agan dengan perintah “sudo fdisk -l” disini letak sda sya ada di /dev/sda5
  4. langkah selanjutnya menentukan mount partisi dimana instalasi ubuntu berada dengan mengetikan perintah “sudo mount /dev/sda5 /mnt
  5. dan selanjutnya menginstall grub di partisi yang sudah di mount “sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
  6. sudo reboot setelah berhasil jangan lupa masuk ke ubuntunya n ketikan perintah terakhir ini di terminal sudo update-grubselesai...........
jika kalian punya koneksi internet caranya lebih mudah
  1. boting ubuntu anda menggunakan live CD/live USB
  2. buka terminal “Ctrl+Alt+T” ketikan :
  3. sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair
  4. sudo apt-get update && sudo apt-get install boot-repair-ubuntu
  5. kemudian buka system => administration => Boot Repair. Ikuti langkah perbaikan sesuai petunjuknya. God luck ….



    sumber: oemar faruq

0 komentar:

Posting Komentar